Tuesday, May 3, 2016

Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula

Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula
Teknik Fotografi Dasar Untuk Pemula
Selamat sore sobat semua dan selamat datang di CamGrabber. Untuk mengawali halaman tekink fotografi ini saya telah menyiapkan informasi tentang teknik yang juga sangat mendasar dalam fotografi. Teknik dasar ini tentunya sangatlah penting untuk bisa kalian kuasai karena dari tahap inilah semua teknik fotografi dimulai. Naah buat kalian para pemula yang ingin menekuni bidang ini dan mungkin masih bingung tentang bagaimana teknik yang baik dalam mengoperasikan kamera yang baru saja kalian miliki, berikut beberapa hal yang perlu kalian pahami sebelum mulai berlatih mengambil gambar dengan kamera kalian. 

Mari kita mulai dari cara kalian menggenggam bodi kamera yang dimensinya memang cukup besar. Pada teknik ini posisi tangan kanan dengan jari telunjuk pada tombol shutter dan ibu jari pada bagian belakang serta tiga jari lainnya dibagian depan haruslah dapat menggengam kamera dengan baik. Sedangkan tangan kiri bisa kalian gunakan untuk menjadi penopang lensa kamera dengan posisi jari telunjuk dan ibu jari mengapit ujung lensa sehingga ketika membidik objek nantinya bisa digunakan untuk memutar lensa dalam zoom in dan zoom out ataupun mengatur titik fokus gambar guys. Selain posisi tangan, kalian juga perlu memperhatikan posisi badan, pastikan posisi badan kalian stabil baik berlutut ataupun berdiri ketika memotret. Teknik ini bisa membuat kalian tetap stabil dalam mengurangi getaran ketika memotret sehingga hasil gambarnya pasti akan lebih baik. 
Contoh Posisi Tangan Yang Baik
Contoh Posisi Tangan Yang Baik
Setelah tadi menggunakan teknik memegang kamera dengan posisi telunjuk pada tombol shutter kemudian hal yang perlu kalian pahami yaitu cara menekan tombol shutternya guys, jangan hanya asal tekan karena dalam menggambil gambar dengan mode tertentu teknik ini bisa sangat berpengaruh. Nah usahakan tidak menekan tombol dengan ujung jari namun dengan bagian datar setelah garis ujung jari telunjuk kalian guys. Tak perlu menekan dalam-dalam namun tekanlah dengan perlahan terlebih dulu untuk mencari titik fokus sebelum menekan penuh tombol shutternya. Kadang walaun dengan cara memegang kamera serta posisi yang sudah stabil sekalipun getaran juga masih bisa muncul ketika bernafas guys, aturlah nafas kalian agar tidak mengeluarkan getaran yang akan mengganggu ketika mengambil gambar.

Teknik Fotografi
Teknik Fotografi
Selain dengan beberapa teknik yang telah kita bahas tadi, mencari titik fokus yang tepat juga merupakan teknik dasar yang perlu kalian kuasai lantaran terkadang bila hanya bergantung dengan mengandalkan fitur autofocus otomatis pada kamera saja hasil gambar yang telah kita bidik tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya kita inginkan dan skill kalian juga sulit berkembang guys. Carilah titik fokus objek yang kalian inginkan dengan menempatkannya tepat berada di tengah bidikan frame diikuti dengan menekan tombol shutter perlahan untuk memastikan titik fokus yang tepat, setelah mendapat bidikan yang tepat barulah kalian menekan tombol shutter penuh dan lihat hasilnya. Latih bidikan kalian dengan memahami teknik dasar ini sehingga nantinya kalian terbiasa. 

Itulah ulasan singkat mengenai teknik dasar fotografi untuk pemula ala CamGrabber pada kesempatan kali ini yang walaupun sepertinya sangat sederhana namun semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua yang ingin menggeluti dunia fotografi. Simak informasi menarik lainnya tentang teknik fotografi hanya di CamGrabber.
Load disqus comments

0 komentar