Tuesday, May 3, 2016

Tips Memilih Kamera Bagi Pemula

Kamera merupakan senjata andalan bagi para fotografer dalam fotografi dan tentunya untuk menghasilkan gambar berkualitas kameranya pun haruslah tepat, namun kebanyakan para pemula yang baru terjun menekuni hobi ini tentunya masih cukup kesulitan untuk menentukan pilihan diantara banyaknya produsen ternama yang menawarkan kamera terbaik mereka. Maka dari itu dengan banyaknya pilihan serta kisaran harga kamera dslr yang memang cukup tinggi maka dalam memilih kamera tepat untuk para pemula ini sepertinya cukup penting karena tentunya akan sangat disayangkan bila kamera yang telah kalian beli tidak sesuai dengan yang diingikan. Untuk itu CamGrabber telah menyipakan informasi mengenai tips dalam memilih kamera yang tepat untuk para pemula lewat tips-tips berikut ini.

Tips Memilih Kamera Bagi Pemula
Tips Memilih Kamera Bagi Pemula
Hal pertama yang harus kalian perhatikan yaitu memastikan bandrol harga yang ditawarkan sesuai dengan budget yang telah kalian siapkan guys. Kemudian bila kisaran harga kamera a hampir sama dengan kamera b maka temukanlah pembeda dari kelengkapan fiturnya. Tentukanlah fitur mana yang lebih mudah digunakan karena fitur kamera yang lebih kompleks tentunya lebih rumit dalam penggunaannya, selain itu fitur yang lebih mudah juga akan membuat kalian lebih nyaman dalam beradaptasi dengan kamera. Maka proses belajar dalam fotografi bisa lebih terfokus pada pengambilan gambar dan tidak direpotkan dengan fitur kamera yang sulit. Untuk kamera pemula saya menjatuhkan pilihan saya pada NIKON D3200 dengan alasan lebih mudah digunakan guys, dan berikut ini daftar kisaran harga yang mungkin bisa cukup membantu dalam menentukan kamera pilihan kalian sendiri.
Harga Kamera
CANON 1100d + 18-55isRp.4.375.000
NIKON D3100 + lens 18-55 VRRp.5.000.000
SONY SLT A58 + lens 18-55mm + 8g + tas + batt cadRp.5.275.000
NIKON D3200 + lens 18-55 VRRp5.750.000
CANON 600d + 18-55mm IS + 8gRp.5.750.000
Harga Kamera Four-Thirds / Mirrorless
CANON EOS-M + EF-M 18-55mm f/3.5-5.6 IS STM Rp4.750.000
NIKON J2 + 10-30mm VR + 30-110mm VRRp5.875.000
OLYMPUS PM 2 + 14-42mm Rp6.250.000
PENTAX Q10 + 5-15mm + 8GBRp4.500.000
SONY Alpha 3000 + 18-55m mRp4.375.000
Untuk menentukan kamera pilihan kalian selain dari harganya, kenalilah terlebih dulu ukuran sensor yang terdapat pada kamera karena biasanya untuk tipe kamera tertentu sensornya juga berbeda guys. Sebagai contohnya pada tipe kamera dengan ukuran sensor fullframe yang memiliki ukuran yang sama dengan ukuran film analog, yang kaalian dapatkan pada viewfinder maka seperti itulah hasil fotonya nanti guys. Kemudian ukuran APS-C, biasanya ukuran sensor ini terdapat pada kamera yang memiliki kisaran harga yang lebih terjangkau dengan bobot kamera yang tidak terlalu berat, akan tetapi dengan ukuran sensor yang lebih kecil sehingga ada bagian hasil fotonya yang terpotong. Ada juga ukuran sensor Four-Third yang bisa dibilang sedang hits saat ini lantaran sensornya paling kecil dibandingkan yang lain, walaupun begitu kualitas gambar yang dihasilkannya masih sangat berkualitas.

Kalian juga bisa menentukan kamera pilihan dari ukuran resolusi gambarnya guys, dengan resolusi yang besar maka kerapatan ketika membentuk foto akan lebih baik dengan ketajaman yang lebih jelas. Selain itu, fitur ISO pada kamera juga cukup penting karena semakin besar ISO pada pengaturan kameranya maka akan semakin sensitif dan besar cahaya yang didapatkan dan dengan mengatur fitur inilah kalian akan belajar memotret dalam keadaan yang minim cahaya guys. Kemudian sebagai pemula tangan yang masih kaku akan cukup berdampak pada hasil fotonya. Oleh karena itu pastikan fitur Image Stabilization terdapat pada kamera yang kalian pilih karena dapat membantu mengurangi efek getaran. Yang terakhir ialah fitur autofocus, tentukanlah pilihan kalian pada kamera yang mampu melakukan autofocus lebih cepat dengan titik fokus yang lebih baik supaya kalian tidak terlalu kesulitan dalam mengatur titik fokus saat memotret.

Demikianlah tips dalam memilih kamera untuk para pemula, semoga setelah kalian menyimak informasi ini kalian bisa menentukan kamera pilihan kalian dengan baik. Simak juga informasi menarik lainnya dari CamGrabber seputar tips-tips dan teknik fotografi serta kisaran harga dan spesifikasi kamera.
Load disqus comments

0 komentar